0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

Kota Tangerang, Nusantara 1 – Masih banyak orang yang sangat merasa gugup apabila harus berbicara di depan banyak orang. Apakah kalian salah satunya? Sekarang ga perlu khawatir karna kita akan bahas bagaimana sih cara supaya bisa berbicara di depan umum dengan lancar.

Pasti semua orang ingin memberikan yang terbaik pada saat persentasi. Tau ga sih kalian ternyata ada beberapa pola pikir yang harus kalian tanamkan pada saat ingin persentasi atau berbicara didepan umum, apa saja? Yuk kita bahas bersama.

  • Lawan Rasa Malu

Rasa malu adalah hal yang sangat sering menjadi salah satu alasan dari semua orang ketika ingin berbicara didepan umum. Maka dari itu, cobalah untuk lebih percaya diri anggap saja orang – orang yang berada didepan kamu itu adalah teman – teman mu. Kalian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan cara mempersiapkan sebaik mungkin sebelum persentasi atau berbicara di depan umum.

  • Bercerita

Bercerita adalah salah satu tips yang bisa kamu lakukan. Bukan sekedar membaca slide powerpoint atau naskah, tetapi kamu juga harus bisa bercerita tentang topik yang akan kamu bahas pada saat persentasi. Dengan begitu kamu sudah punya gmabaran tentang apa hal penting yang akan kamu sampaikan.

  • Bicara Untuk Memberi

Bicara untuk memberi bukan diberi, banyak orang berbicara depan umum ingin sesuatu dari orang lain entah itu ingin mendapat pujian, diluluskan pada saat sidang, atau masih banyak lagi. Padahal orang yang mendengarkan akan jauh lebih memperhatikan pembicara yang inspiratif. Kalian harus pahami kebutuhan penonton, apa yang mereka cari dari persentasi yang kita buat. Jadi niatkanlah persentasi kalian untuk memberikan manfaat bagi banyak orang.

  • Menguasai Panggung

Kamu adalah sang penguasa panggung, karena audience terus memperhatikanmu, bahkan saat kamu diam. Kamulah satu satunya orang yang mengatur jalannya persentasi atau ceramah. Jadi gak perlu takut lagi ketika di atas panggung.

  • Tatap Penonton

Menatap para penonton adalah salah satu tips yang bisa kita lakukan, ingat pada tips yang ketiga yaitu kamu berbicara untuk member bukan diberi dan untuk itu kamu harus berbicara dengan mereka, bukan sekedar berbicara kepada mereka. Lakukan kontak mata kepada masing masing penonton, lihatlah satu persatu dengan perlahan sehingga mereka akan merasa sedang berbicara kepada kita. Dari sini kamu bisa melihat mana saja penonton yang siap menerima persentasi dari kamu.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan agar lancar Public Speaking. Kalian punya tips lainnya? Atau punya cara tersendiri ketika ingin berbicara depan umum? Tulis di kolom komentar yaa kita bakalan diskusi bareng disana.

SMP – SMA – SMK Nusantara 1 Kota Tangerang

Informasi PPDB

Website: https://ppdb.nusantara1.sch.id
Whatsapp: 085691233435

Instagram & Facebook: sekolah.nusantara

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Nusantara 1 ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉