0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

Untuk saat ini, banyak orang yang masih bertanya-tanya apa itu jurusan IPS di SMA. Faktanya, lulusan IPA dan IPS sama-sama memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Jika Anda memutuskan untuk mengambil jurusan IPS, Anda masih memiliki pilihan untuk mencari pekerjaan dan melanjutkan pendidikan perguruan tinggi.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, Anda mempunyai banyak pilihan utama. Lulusan IPS juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Jadi anda tidak perlu khawatir dan yang terpenting adalah giat belajar dan mengembangkan kemampuan yang anda miliki.

Lalu bisa jadi apa saja ketika kita belajar di jurusan IPS?

Berikut Rekomendasi Fakultas dan Pekerjaan untuk Jurusan IPS SMA

1. Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi mempelajari strategi pengelolaan sumber daya agar tetap efisiensi dan mencapai kesejahteraan. Sumber daya ini dapat berupa manusia, alam, keuangan, waktu atau energi. Lulusan Ilmu Ekonomi dapat bekerja di bank, perusahaan asuransi, konsultan keuangan atau sektor publik lainnya.

2. Manajemen

Di jurusan Manajemen, Anda akan belajar banyak  tentang organisasi, manajemen, bahkan tahapan perencanaan  suatu bisnis. Hampir semua bidang usaha membutuhkan lulusan manajemen untuk menangani permasalahan bisnis dan manajemen dalam perusahaan

3. Akuntansi

Bagi Anda yang ingin mencatat dan menyusun laporan keuangan, jurusan akuntansi yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ruang lingkup pekerjaan lulusan akuntansi tidak selalu di bank atau lembaga keuangan. Anda juga bisa menjadi akuntan untuk perusahaan yang dikelola sendiri, dengan perusahaan di berbagai sektor.

4. Bisnis

Jika Anda mengambil jurusan bisnis, Anda dapat mengembangkan pengetahuan Anda tentang operasi bisnis, termasuk keuangan, riset pasar, strategi dan kebijakan bisnis hingga pemasaran.

Peluang kerja bagi lulusan perdagangan akan sangat diminati, bergabung dengan berbagai perusahaan besar dan kecil.

5. Ekonomi Pembangunan

Ilmu ekonomi pembangunan merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang secara khusus mempelajari permasalahan pembangunan.

Mata kuliah yang dipelajari fokus pada ekonometrika, sistem keuangan, isu pembangunan dan perbankan. Sebagai lulusan ekonomi pembangunan, prospek pekerjaan meliputi akuntan, R&D, analis data, sistem analis, analis finansial dan analis kredit.

6. Hukum

Hukum khusus mempelajari persoalan-persoalan yang berkaitan dengan praktek hukum di berbagai bidang. Ada hukum negara, hukum  perdata dan pidana, hukum bisnis, dan masih banyak lainnya.

Setelah lulus, Anda dapat bekerja di tim hukum suatu perusahaan, sebagai konsultan hukum, sebagai notaris, atau sebagai pengacara.

7. Filsafat

Filsafat mempelajari berbagai aspek kehidupan manusia. Seperti pengetahuan, nilai moral, politik, ekonomi dan nilai sosial budaya. Jika Anda ingin belajar filsafat, Anda dapat mengejar berbagai karir di masa depan seperti jurnalis, konsultan, penulis dan dosen.

8. Ilmu Komunikasi

Lalu ada jurusan Ilmu Komunikasi untuk mahasiswa IPS. Ada banyak program studi, seperti hubungan masyarakat, periklanan dan manajemen komunikasi. Lulusan komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang seperti biro iklan, industri media dan analis pemasaran.

9. Pendidikan

Jurusan Pendidikan merupakan program studi yang bertujuan untuk meneliti dan mempersiapkan lulusan menjadi pendidik yaitu guru.

Selain menjadi guru atau pembicara, lulusan masih dapat berkarir di bidang lain seperti penulis, konsultan pendidikan, relawan pendidikan, bahkan instruktur  kejuruan.

10. Jurnalistik

Jurnalisme merupakan salah satu cabang ilmu  komunikasi. Jurusan ini mempelajari bagaimana informasi bernilai berita diproduksi, dikumpulkan, dipilih, dan diproses. Lulusan jurnalisme dapat bekerja di industri media sebagai jurnalis, editor, penulis, analis media atau dosen.

 Sumber: www.cnnindonesia.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Nusantara 1 ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉