0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Kota Tangerang, Nusantara1 — Perundungan adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi kesejahteraan fisik dan mental siswa. Tindakan perundungan atau bullying dapat merugikan korban secara emosional, sosial, dan akademis, dan juga bisa memicu konsekuensi jangka panjang, seperti gangguan mental dan perilaku antisosial.

Perundungan adalah masalah yang kompleks, tetapi dengan upaya bersama dari sekolah, guru, staf, siswa, dan orang tua, kita dapat mencegah dan mengatasi perundungan di lingkungan sekolah dan membangun lingkungan belajar yang aman dan sehat untuk semua siswa.

Ada beberapa jenis perundungan yang dilakukan sekelompok siswa terhadap temannya. Apapun jenisnya, Perundungan tidak dapat dimaafkan. Sekolah harus menjadi tempat yang aman bagi siswa untuk belajar.

Dampak dari perundungan bisa terasa sampai dewasa bahkan menimbulkan trauma mendalam. Memberantas bullying bukan hanya tugas satu orang saja melainkan semua pihak.

Jenis Perundungan di Sekolah

Ada beberapa jenis perundungan yaitu verbal bullying, cyber bullying, physical bullying, dan sexual bullying. Di bawah ini adalah penjelasan selanjutnya mengenai keempat jenis perundungan tersebut.

1. Perundungan Verbal (verbal bullying)

Sesuai dengan namanya, perundungan verbal adalah perundungan yang dilakukan secara langsung atau verbal dalam bentuk perkataan dan ucapan. Seseorang bisa menghakimi orang lain lewat ucapannya dan tidak bisa dibenarkan walaupun niatnya untuk bercanda.

2. Perundungan Dunia Maya (cyber bullying)

Jenis perundungan di sekolah berikutnya adalah perundungan dunia maya yang sangat mengerikan hingga menyerang mental korban. Tidak dapat dipungkiri, hampir semua orang beraktivitas di dunia maya.

Ketika ada seseorang yang terus menerus mendapatkan makian dari dunia maya, mentalnya akan terguncang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga etika sosial media agar tidak menyakiti siapapun.

3. Perundungan Fisik

Physical bullying adalah perundungan yang menyerang fisik hingga menyebabkan trauma berkepanjangan. Contoh perundungan fisik adalah melempar sampah ke teman yang dianggap lebih lemah, memukul secara kasar, dan tindakan kekerasan lainnya.

4. Perundungan Seksual

Sexual bullying juga termasuk jenis perundungan di sekolah yang disebut dengan pelecehan seksual. Pelaku akan melecehkan korban hingga membuat korban ketakutan karena merasa bahwa hidupnya sudah hancur.

Sumber : Kumparan.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Nusantara 1 ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉