1 0
Read Time:2 Minute, 6 Second

Nusantara1-Kota Tangerang, Jurusan Manajemen Perkantoran dan Otomasi (OTKP) atau dahulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah satu mata pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menyelesaikan pekerjaan dalam suatu usaha atau perkantoran. OTKP merupakan ilmu manajemen yang memiliki ciri khas tersendiri dalam bidang perkantoran, artinya dalam otomasi perkantoran segala kebutuhan yang berkaitan dengan operasional kantor dipelajari secara detail. OTKP bertanggung jawab merencanakan operasional kantor, menyediakan peralatan kantor, mengelola perubahan antar departemen, dan membantu manajemen senior dalam penggajian dan PHK.
Kompetensi Sasaran Kompetensi Menghasilkan lulusan yang berkepribadian, siap kerja, mempunyai pengetahuan, keterampilan dan mempunyai kapasitas otomasi pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, pengelolaan sarana prasarana dan kehumasan, pengelolaan kehumasan dan keprotokolan, serta kreatifitas dan bisnis manajemen produk.



Prospek Kerja SMK Jurusan OTKP
Selain dibekali pengetahuan teori manajemen perkantoran, mahasiswa juga dibekali keterampilan untuk mengikuti kegiatan Prakerin. Prakerin (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan dalam dunia usaha atau dunia industri. Siswa OTKP akan ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk langsung menerapkan teori yang dipelajari di sekolah ke dalam praktik. Diharapkan dengan kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kualitas peserta didik dan mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan OTKP :

  • Sekretaris
    Seorang sekretaris bertugas untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, termasuk juga mengatur jadwal atasan. 
  • Asisten Sekretaris
    Tugas sebagai seorang asisten sekretaris, adalah menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.
  • Resepsionis
    Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang resepsionis pasti akan banyak dicari karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.
  • Staff Personalia
    Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.
  • Staff Operasional Pameran
    Seorang staff operasional pameran bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.
  • Personal Assistant
    Personal Assistant atau Asisten Pribadi adalah orang yang bertugas untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi atasan mereka.
  • Seksi Hubungan Massa
    Seksi hubungan massa bertugas untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar.
  • Wirausaha
    Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, para lulusan SMK Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri, misalnya dengan membuka jasa event organizer. Berbekal kemampuan multitasking, ketelitian, dan kemampuan mengorganisir yang baik, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka usaha sendiri.

Sumber : Gamelab


Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Nusantara 1 ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉