0 0
Read Time:1 Minute, 49 Second

Kota Tangerang-Nusantara1, Banyak orang yang bercita-cita untuk melanjutkan kuliah sehingga memilih mengambil jurusan SMA setelah lulus SMP. Berbeda dengan sekolah menengah kejuruan yang lebih banyak mempelajari keterampilan praktis dalam dunia kerja, di sekolah menengah kita mengajarkan ilmu-ilmu yang bersifat umum dan menjadi landasan untuk meraih gelar sarjana.
Kita tahu kalau di SMA, ada 2 jurusan yang bisa dipilih. Diantaranya IPA dan IPS. Karena pilihan ini nantinya akan menggambarkan jurusan kuliah yang ingin diambil.

Pilihan Jurusan SMA:
1. Jurusan SMA IPA
Sains atau MIPA yang merupakan singkatan dari Math and Science merupakan mata pelajaran paling populer di sekolah menengah. Jurusan IPA merupakan jurusan yang paling dominan dan memiliki mahasiswa terbanyak. Di IPA, Anda akan mendalami ilmu-ilmu eksakta seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi. 4 mata pelajaran ini wajib untuk Anda kuasai.

Jika memilih sains, berarti harus mempersiapkan mata kuliah aritmatika dan analisis. Banyak orang tidak mau mendalami ilmu pengetahuan atau bahkan terpaksa mendekatinya. Bahkan prospek anak masuk universitas sains sangat besar. Anda dapat mengakses kedokteran, teknik, ilmu eksakta, dan bahkan jurusan anak-anak di bidang ilmu sosial dan bahasa.

Hal ini menjadi keuntungan bagi mahasiswa sains, yaitu kemampuan untuk menekuni jurusan kuliah dengan beragam minat. Selain itu, mahasiswa sains lebih mungkin mendapatkan beasiswa universitas di luar negeri. Jadi, jika Anda mengambil jurusan sains, ambillah semua mata pelajaran yang sulit, karena semua itu akan menjadi dasar tingkat akademis Anda.

2. Jurusan SMA IPS
Jurusan IPS pun tidak kalah saingnya jika dibandingkan dengan jurusan IPA. Berdasarkan kemampuan menghafal dan memahaminya, mahasiswa IPS akan unggul dalam bidang IPS. Bagaimana itu? Departemen Ilmu Sosial menawarkan mata pelajaran khusus termasuk ekonomi, geografi, sejarah dan sosiologi.

Dengan mengambil jurusan Ilmu Sosial, Anda akan banyak kesulitan dalam memahami, mengingat, dan kurang berhitung. Inilah sebabnya IPS menjadi alternatif utama IPA. IPS hanya minoritas di sektor menengah atas, padahal peluang masuk perguruan tinggi bagi anak IPS sangat besar.

Pilihan perguruan tinggi utama untuk mahasiswa IPS yang bisa Anda contoh adalah ekonomi, sejarah, manajemen, dan ilmu sosial lainnya. Bisa dibilang jurusan ini sangat populer di kelas lanjutan, sehingga kamu akan mempunyai kesempatan untuk masuk ke jurusan yang kamu inginkan. Baca juga artikel perbedaan jurusan IPA dan IPS.


Sumber: https://wirahadie.com/

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai chat
1
Ada yang bisa kami bantu?
Semangat Pagi, Sahabat Nusantara 1 ada yang bisa kami bantu? PPDB 2024/2025 sudah dibuka yuk tanya admin lebih lanjut 😉